Apa Itu Hacker? Pahami Pengertian, Macam-macam, dan Tugasnya

Jakarta Apa itu hacker? Hacker adalah orang yang skill pemrogramannya mampu menerobos sistem keamanan komputer atau jaringan komputer untuk tujuan tertentu. Seorang hacker memiliki pemahaman lanjutan tentang komputer, jaringan, pemrograman, atau perangkat keras.

Mengetahui apa itu hacker dapat memahami bahwa hacker tak selamanya identik dengan penjahat dunia maya. Di dunia siber, hacker adalah sosok yang bisa meretas perangkat seperti komputer, ponsel, webcam, hingga router. Tindakan hacker yang merugikan pihak tertentu merupakan tindakan kriminal. Namun, pada kasus tertentu, hacker adalah sosok yang juga bisa menguntungkan.

Mengetahui apa itu hacker saat ini sudah banyak menggunakan jasanya itu untuk memberikan perlindungan pada sistem website atau aplikasi yang digunakan oleh suatu perusahaan. Hacker tersebut dikenal dengan istilah ethical hacker atau white hat.

Untuk lebih rinci mengenai apa itu hacker, berikut ini ulasan mengenai apa itu hacker beserta tujuan dan macam-macamnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/10/2021).


Pengertian Hacker

Apa itu hacker? Hacker adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer jaringan atau keterampilan lain untuk mengatasi masalah teknis. Dalam bahasa Indonesia, arti hacker adalah peretas. Hacker menggunakan keterampilan teknis untuk mengeksploitasi pertahanan keamanan siber.

Selain itu, hacker mempunyai pengertian seseorang yang ahli berkomputer dan mempunyai ketertarikan dan keinginantahuan yang sangat besar terhadap keamanan dan pertahanan sistem komputer, dan hacker tentunya mempunyai kemampuan yang dalam membuat perangkat lunak atau software developer.

Peretasan mengacu pada aktivitas yang berupaya mengakses secara ilegal perangkat digital, seperti komputer, ponsel cerdas, tablet, dan bahkan seluruh jaringan. Tujuan hacker adalah seringkali untuk mendapatkan akses tidak sah ke komputer, jaringan, sistem komputasi, perangkat seluler, atau sistem. Hal ini justru akan menimbulkan kerugian bagi pengguna dan termasuk dalam tindakan cyber crime.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *