3 Sandera Israel Ditembak Mati IDF Bukti Kekerasan Berlebihan Israel Terhadap Warga Sipil di Gaza

dari-kiri-ke-kanan-yotam-haim-samer-talalka-dan-alon-shamriz

BERITANONO4D.COM- Ketika Israel mengumumkan pembunuhan sandera oleh tentara IDF sendiri, banyak pengamat dan kritikus merasa khawatir tentara Israel telah banyak melakukan kekerasan berlebihan terhadap Warga sipil di Gaza.

Warga Israel Israel tercengang dan tidak bisa berkata-kata ketika tiga sandera yang ditahan oleh Hamas dibunuh oleh pasukan Israel sendiri.

Para Sandera warga Israel itu telah mengibarkan bendera putih dan bertelanjang dada, dan berteriak dengan Bahasa Ibrani memberi isyarat bahwa mereka tidak akan menimbulkan ancaman kepada anggota militer Israel IDF.

Bagi sebagian orang, insiden tersebut merupakan contoh mengejutkan betapa buruknya perang, di mana medan perang yang kompleks dan berbahaya tidak aman bagi siapa pun.

Namun bagi para kritikus, insiden ini menggarisbawahi apa yang mereka katakan sebagai tindakan kekerasan berlebihan yang dilakukan aparat keamanan Israel terhadap warga Palestina.

Dalam kasus ini, penembakan sandera Israel oleh anggota IDF ini memperpendek nyawa tiga warga Israel yang berusaha mati-matian menyelamatkan diri mereka sendiri.

“Ini memilukan tetapi tidak mengherankan,” kata Roy Yellin, direktur penjangkauan publik kelompok hak asasi manusia Israel B’Tselem dikutip dari Time.

“Kami telah mendokumentasikan selama bertahun-tahun banyak sekali insiden orang-orang yang jelas-jelas menyerah dan masih ditembak.”

Yellin mengatakan pembunuhan itu melanggar etika dasar militer dan hukum internasional yang melarang penembakan terhadap orang yang mencoba menyerah, baik kombatan atau bukan.

Namun dia mengatakan hal itu adalah bagian dari tren kekerasan berlebihan yang tidak dihukum dan dalam beberapa pekan terakhir telah menelan korban warga Israel sendiri.

Kronologi tertembaknya 3 sandera, menurut seorang pejabat militer, ketiga sandera, semuanya laki-laki berusia 20-an, muncul dari sebuah gedung dekat dengan posisi tentara Israel di lingkungan Shijaiyah Kota Gaza, tempat pasukan memerangi militan Hamas dalam pertempuran sengit.

Mereka mengibarkan bendera putih dan bertelanjang dada, mungkin mencoba memberi isyarat bahwa mereka tidak menimbulkan ancaman.

Dua orang tewas seketika, dan yang ketiga berlari kembali ke dalam gedung sambil berteriak minta tolong dalam bahasa Ibrani yang merupakan bahasa yang digunakan Israel sehari-hari.

Komandan mengeluarkan perintah untuk menahan tembakan, namun ledakan tembakan lainnya menewaskan orang ketiga, kata pejabat tersebut.

Panglima Angkatan Darat, Letkol Herzi Halevi, mengatakan para sandera telah melakukan segala kemungkinan untuk memperjelas bahwa mereka tidak menimbulkan ancaman, namun tentara bertindak seolah-olah sedang dalam pertempuran dan di bawah tekanan.

Pada hari Minggu, Halevi meninjau kembali aturan keterlibatan dengan pasukan, dan mengatakan larangan menembaki mereka yang menyerah juga harus berlaku saat mereka adalah warga Palestina.

“Ketika Anda melihat dua orang yang tidak mengancam Anda, yang tidak memiliki senjata, yang mengangkat tangan dan tidak mengenakan baju, luangkan waktu dua detik,” katanya dalam komentar yang disiarkan di TV Israel.

“Dan saya ingin memberi tahu Anda sesuatu yang tidak kalah pentingnya: jika ini adalah dua warga Gaza berbendera putih yang ingin menyerah, apakah mereka akan kami tembak? Sama sekali tidak. Sama sekali tidak. Itu bukan IDF (Pasukan Pertahanan Israel).”

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Sabtu bahwa pembunuhan itu menghancurkan hati saya, menghancurkan hati seluruh bangsa.

Namun dia mengindikasikan tidak ada perubahan dalam upaya Israel melakukan penyerangan secara intensif.

Dengan opini umum yang mendukung upaya militer tersebut, kematian para sandera sepertinya tidak akan mendorong perubahan dalam suasana hati masyarakat.

Israel mengatakan sejumlah sandera tewas dalam penawanan Hamas. Namun kematian ketiga sandera itu mengejutkan karena mereka dibunuh oleh pasukan yang berusaha menyelamatkan mereka.

Sekitar 129 sandera masih berada di Jalur Gaza, menurut militer Israel, dan penderitaan mereka telah mencengkeram negara tersebut, yang menganggap penahanan mereka sebagai perwujudan kegagalan keamanan seputar serangan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang.

Kematian para sandera mendorong ratusan pengunjuk rasa turun ke jalan karena marah.Bukan Insiden Pertama

Hal ini juga terjadi beberapa hari setelah insiden lain yang menimbulkan pertanyaan tentang aturan tembak-menembak di militer Israel.

Setelah militan Hamas menembak di halte bus yang sibuk di Yerusalem, seorang pria Israel yang bergegas menghadapi para penyerang ditembak mati oleh seorang tentara Israel, meskipun dia telah mengangkat tangannya, berlutut di tanah dan membuka bajunya untuk menunjukkan bahwa dia tidak berada di sana bukan ancaman.

Para kritikus melihat adanya hubungan langsung antara daftar panjang kematian warga Palestina akibat penembakan mulai dari pembunuhan pria autis berusia 32 tahun Eyad Hallaq, hingga kematian jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh, dan banyak lagi selama bertahun-tahun—dengan insiden tersebut yang menyebabkan kematian warga Israel.

Baru-baru ini, B’Tselem menuduh tentara Israel melakukan “eksekusi ilegal” setelah merilis rekaman video yang menunjukkan pasukan Israel membunuh dua pria Palestina—satu tidak berdaya dan satu lagi tidak bersenjata—dalam serangan militer di wilayah pendudukan West Bank.

Polisi militer sedang melakukan penyelidikan, namun kelompok hak asasi manusia mengatakan insiden seperti itu jarang berujung pada tindakan hukuman.

Kritikus mengatakan insiden penyanderaan mencerminkan tindakan militer terhadap warga sipil di Gaza.

Lebih dari 18.700 warga Palestina telah terbunuh sejak perang dimulai, sekitar dua pertiganya adalah perempuan dan anak di bawah umur, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza.

Avner Gvaryahu, yang memimpin Breaking the Silence, sebuah kelompok pelapor yang mendokumentasikan kesaksian mantan tentara Israel, mengatakan laporan tentara dari militer sebelumnya.

Avner Gvaryahu, yang mengepalai Breaking the Silence, sebuah kelompok pelapor yang mendokumentasikan kesaksian mantan tentara Israel, mengatakan bahwa laporan tentara dari pertempuran militer sebelumnya di Jalur Gaza menunjukkan bahwa ketika suatu daerah dianggap oleh militer telah dibersihkan dari warga sipil, mereka diinstruksikan untuk menembak segala sesuatu yang bergerak.

“Tentara mengatakan ini terjadi dengan melanggar aturan keterlibatan. Saya skeptis terhadap hal itu, berdasarkan apa yang kami ketahui tentang operasi sebelumnya di Gaza,” katanya.

“Berapa banyak warga Palestina yang ditembak seperti ini?”

Militer mengatakan mereka melakukan apa yang mereka bisa untuk melindungi warga sipil, namun mengatakan mereka menghadapi arena kompleks di mana Hamas menempatkan dirinya di wilayah sipil yang padat penduduknya.

Warga Palestina dalam beberapa kesempatan mengatakan tentara Israel melepaskan tembakan di Gaza ketika warga sipil berusaha melarikan diri ke tempat yang aman.

Kobi Michael, peneliti senior di Institute for National Security Studies, sebuah wadah pemikir di Tel Aviv, membantah perbandingan antara kematian sandera dengan pembunuhan warga Palestina di Tepi Barat atau pembunuhan warga sipil Israel di Yerusalem.

Dia mengatakan setiap kasus perlu dilihat secara terpisah, bukan sebagai bagian dari tren yang lebih luas.

“Ini seharusnya tidak terjadi, namun kita berada dalam perang dan ini bukan lingkungan yang steril,” kata Michael, yang merupakan mantan pejabat senior di Kementerian Urusan Strategis Israel.

“Kita perlu memahami konteksnya.”

Pembunuhan warga sipil Israel dalam beberapa pekan terakhir telah memicu pembalasan bagi sebagian warga Israel.

Nahum Barnea, seorang komentator terkemuka, menulis di Yediot Ahronot bahwa insiden penyanderaan adalah kejahatan dan tidak dapat diabaikan “seolah-olah itu bukan apa-apa.”

Ben Caspit, yang menulis di harian Maariv, mengatakan kebangkitan kelompok sayap kanan Israel telah membantu menciptakan lingkungan yang memudahkan pasukan untuk melepaskan tembakan.

Dia juga menyoroti sentimen umum di kalangan sayap kanan garis keras Israel bahwa tidak ada warga non-kombatan di Gaza.

Hal ini memicu kekhawatiran di kalangan kritikus bahwa pasukan Israel tidak melakukan diskriminasi dalam pertempuran mereka.

“Dalam beberapa tahun terakhir, jari kita menjadi terlalu ringan untuk menembak. Peristiwa baru-baru ini membuatnya semakin ringan,” tulisnya.

“Ada warga non-pejuang di Gaza, dan tiga di antaranya dibunuh akhir pekan ini oleh tentara kami sendiri,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *